PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KAPABILITAS INOVASI DALAM MENINGKATKAN NILAI PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN (SURVEI PADA BATIK DI D.I YOGYAKARTA)


PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KAPABILITAS INOVASI DALAM MENINGKATKAN NILAI PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN (SURVEI PADA INDUSTRI BATIK DI D.I YOGYAKARTA).

D.I. Yogyakarta merupakan daerah pengembangan batik pertama dan salah satu daerah sentra batik di Indonesia. Pada awal tahun 1990-an, industri batik di D.I. Yogyakarta lebih dari 3000-an unit usaha yang tersebar di seluruh daerah tingkat II. Di sentra-sentra pembatik, sudah menjadi kelaziman di kalangan wanita terutama ibu-ibu rumah tangga untuk memiliki keterampilan membatik.

Industri batik di D.I. Yogyakarta merupakan usaha yang menopang perekonomian masyarakat D.I. Yogyakarta dan komoditas unggulan bagi pemerintah D.I. Yogyakarta. Industri batik Yogya menghadapi persaingan baik di pasar domestik maupun internasional. Hal ini menyebabkan menurunnya volume penjualan dan ekspor batik Yogya.

Selain terjadi penurunan volume penjualan, batik Yogya juga mengalami penurunan pangsa pasar (market share). Hal ini dapat dilihat dari indikasi jumlah batik Yogya telah berkurang di pasaran bila dibandingkan dengan batik non- Yogya.

BAB 1 PENDAHULUAN

BAB 2 : KAJIAN PUSTAKA

BAB 3 : METODE PENELITIAN

BAB 4 : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB 5 : KESIMPULAN

HARGA BUKU Rp79,999.00

Konfirmasi Pembayaran Ke : 0811604291
Bank BRI Lembaga Riset Publik (LARISPA)
109101000220303

Nara Hubung LARISPA
Mega 081375982297
Rizal 0811 61 800 54