PENERAPAN MODEL CREATIVE LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF SALAH SATU UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 HILIDUHO

Penulis : Serniati Zebua

Abstrak : Proses pembelajaran IPS Terpadu di tingkat SMP kebanyakan masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan, upaya guru ke arah peningkatan kualitas proses mengajar belum optimal, metode, pendekatan dan evaluasi yang dikuasai guru belum beranjak dari pola tradisional, dan hal ini berdampak negatif terhadap daya serap siswa yang ternyata masih tetap lemah. Kegiatan Belajar Mengajar yang konvensional dengan metode ceramahmerupakan cara yang paling aman untuk mengejar pencapaian target pembelajaran. Padahal pencapaian kompetensi sebagaimana tertuang dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar memerlukan metode dan pendekatan aktif learning yang berfariasi guna meningkatkan kemampuan siswa menguasai suatu kompetensi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hiliduho desa Fadoro Lauru, Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014, lamanya tindakan di rencanakan 2 siklus, tiap siklus dua kali pertermuan dan satu kali evaluasi.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah model pembelajaran creative learning berbasis multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dirumuskan menjadi “Bagaimana penerapanModel pembelajaran Creative learning berbasis multimedia interaktifdalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2014/2015?” untuk mencapai rumusan tersebut maka perlu beberapa informasi berupa data tentang peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Creative learning berbasis multimedia interaktif.
Kata kunci : Penerapan Model Creative Learning berbasis Multimedia Interaktif