PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA NUPELA KELAS VIII

Penulis : Arianto Lahagu

Abstrak : Melalui pendidikan manusia harus mampu mengembangkan potensi, kemampuan beserta kemauannya karena pendidikan pada hakekatnya merupakan salah satu usaha yang dilakukan manusia semenjak lahir hingga mencapai tingkat kedewasaan baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotoryang berlangsung disekolah atau lembaga pendidikan formal maupun non formal. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta NUPELA yang berjumlah 24 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Pada siklus I, kemampuan guru dalam melaksanakan prose Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe listening team mencapai rata-rata 51,92% berada pada interval lemah cukup sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelakasanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe listening teamrata-rata 78,84% berada pada interval cukup kuat. Pada siklus I, hasil observasi siswa mencapai rata-rata 48,21% berada pada interval lemah cukup dan pada siklus II observasi terhadap siswa mencapai 78,57% berada pada interval cukup kuat. Pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 71% tergolong baik sedangkan kriteria persentase ketuntasan yaitu 62,5% hal ini masih belum memenuhi target yang sudah ditetapkan minimal 75% sedangkan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 84,9% tergolong baik, dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 95,83% dan hal ini telah mencapai target yang sudah ditetapkan minimal 75%. Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe listening team.

Kata Kunci : Listening Learn, Kooperatuf, Hasil Belajar